Dinas Kebingungan Kelola Dana Besar Sektor Pendidikan

Padang-RoL– Besarnya dana sektor pendidikan dalam APBD Sumbar justru membuat kebingungan instansi terkait (Dinas Pendidikan Nasional) dalam mengelolaanya sehingga muncul-muncul program yang tidak tepat sasaran. 

Seperti pada APBD 2006, dana pendidikan melonjak dari tiga persen (2005) menjadi 13,1 persen. Lonjakan luar biasa itu (menjadi sekitar Rp131 miliar, red) membuat dinas terkait kebingungan membuat program sehingga muncul berbagai kegiatan yang tidak tepat sasaran, kata ujar Ketua Fraksi PDI-P DPRD Sumbar, Djanas Raden Dt Bandaro Kuniang di Padang, Sabtu.

Menurut dia, salah satu program yang tidak tepat sasaran itu adalah pemberian beasiswa untuk meraih gelar strata-2 (S-2) dan strata-3 (S-3) bagi para guru di daerah ini.

Program ini jelas tidak tepat sasaran, karena para guru SD, SMP dan SLTA masih banyak yang hanya mengantongi gelar diploma (D-3), ujarnya.

Karena itu dimasa mendatang, Fraksi PDI-P mmenyarankan dalam membuat program, pihak terkait agar lebih memunculkan peningkatan mutu pendidikan para guru dengan tidak melupakan upaya menuju gelar S-2 dan S-3, tambahnya.

Senada dengan itu, Fraksi PAN DPRD Sumbar juga menilai terjadinya kebingungan Dinas Pendidikan Nasional Sumbar dalam membuat program yang akan didanai anggaran besar APBD itu.

Buktinya, dari 206 kegiatan yang diajukan untuk dibiayai dana sektor pendidikan itu, 48 diantaranya tidak mampu dilaksanakan Dinas Pendidikan Nasional Sumbar, kata Kata Ketua Fraksi PAN, Erizal Effendi.

Tidak terlaksanakanya 48 kegiatan itu membuat dana yang dianggarakan sebelumnya harus dikembalikan ke kas daerah. Hal ini menunjukkan kinerja satuan kerja perangkat daerah (Dinas Pendidikan Nasional Sumbar, red) tidak maksimal, ujarnya. antara

abi
——————————————–
Sumber: Republika Online/Sabtu, 19 Mei 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: