Warga Miangas Butuh Tambahan Guru

TEMPO Interaktif, Jakarta:Warga Pulau Miangas yang tinggal di pulau terluar perbatasan Indonesia-Filipina membutuhkan tambahan guru. Saat ini, jumlah guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Miangas masih sangat minim. “Guru SD butuh tiga orang dan SMP tujuh orang,” kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Nasional Miangas P Parenta, Rabu (23/5).

Menurut Parenta, selain kekurangan guru, tenaga pengajar di Miangas hanya menerima gaji pokok. Selama ini pemerintah belum merealisasikan tunjangan bagi guru di pulau terluar. Padahal, tunjangan khusus ini sudah lama disampaikan ke pemerintah.

Parenta yang kini berusia 54 tahun, sudah 33 tahun mengabdi di Pulau Miangas. Selama 33 tahun mengajar dengan pangkat golongan IVA, gaji yang diterima hanya Rp 1,4 juta. Gaji pokok golongan II masih lebih kecil lagi.

Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi mengatakan dalam konteks pulau terluar, kebutuhan tenaga guru sudah mendesak. Di pulau terluar guru sangat minim. Karena itu, polisi dan tentara yang ditempatkan di pulau terluar yang berpenghuni akan dibekali pendidikan guru.

Menteri Pendidikan Nasional, Panglima TNI dan Kepala Polri sedang membicarakan masalah ini. Jadi, tentara dan polisi tak hanya menjaga keamanan pulau-pulau terluar. “Tentara dan polisi disiapkan untuk mengajar,” kata Freddy.

Sementara itu, untuk memperlancar administrasi pemerintahan di perbatasan, Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 11 tahun 2006 tentang pembentukan Kecamatan Khusus Miangas. Selama ini di Miangas telah ditempatkan seorang camat border crosing area (BCA). “Peresmian kecamatan khusus Miangas akan berlangsung pada Jumat (25/5),” kata Camat BCA Sepuo S.R.P. Lantaa.

Lantaa mengatakan penanganan masalah lintas batas tetap menjadi prioritas. Tapi masalah lintas batas ini hanya satu seksi dalam struktur pemerintahan kecamatan. Verrianto Madjowa/Rabu, 23 Mei 2007 | 11:35 WIB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: