Penyimpangan BOS Buku Harus Diusut Tuntas

BANDUNG, (PR).- Penyimpangan bantuan operasional sekolah (BOS) buku yang dilakukan sebuah ormas Islam di Jawa Barat harus diusut tuntas. Apalagi, jumlah penyimpangan tersebut diduga mencapai lebih dari Rp 1,6 miliar karena mengumpulkan BOS buku dari MI, MTs, dan MA dengan kompensasi pengiriman buku yang mutunya jauh di bawah standar.

Desakan pengusutan penyimpangan BOS buku itu dikemukakan Konsorsium Barisan Aktivis Independen Menuju Masyarakat Sejahtera (Bakti Nusa). “Dana BOS buku tersebut berasal dari APBN Perubahan tahun anggaran 2006 milik Depag pusat yang disalurkan ke Kanwil Depag Jabar,” kata Ketua Konsorsium Bakti Nusa, M. Husni Thamrin, dalam siaran persnya ke “PR”, kemarin.

Diberitakan harian ini (14/5), penyaluran bantuan operasional sekolah (BOS) buku di lingkungan madrasah dan pesantren salafiah wajib belajar pendidikan dasar (wajar dikdas) ditengarai terjadi penyimpangan. Hal ini dengan adanya upaya koordinasi dari sebuah ormas Islam dengan mengambil uang BOS buku dan hanya 10 %-nya diserahkan ke madrasah/pesantren.

Menurut Husni, oknum di ormas Islam tersebut mengambil dana BOS buku dari MTs dan MA seperti di Kota Bandung untuk tiga madrasah lalu dikompensasikan untuk pembelian buku. “Dengan motif seperti itu sudah menyalahi aturan penyaluran BOS buku yang seharusnya madrasah memiliki kewenangan membeli sendiri buku-buku pelajaran,” ucapnya.

“Bakti Nusa” merasa amat prihatin dan menyesalkan tindakan oknum ormas Islam tersebut apalagi dilakukan oleh pengurus yang seharusnya memberikan teladan kepada masyarakat. “Tentu tindakan tersebut telah melanggar UU No. 28/1999, UU No. 31/1999, dan Keppres No. 80/2003,” katanya. (A-71)***

Sumber: Pikiran Rakyat/24 mei 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: