Disdik Minta Maaf Atas Kesalahan Tulisan Arab Terbalik

Bandung-RoL — Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung meminta maaf kepada masyarakat melalui anggota Komisi D DPRD Kabupaten Bandung atas kesalahan penulisan tulisan arab pada soal ulangan umum mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) semester genap siswa Madrasah Ibtidaiyah kelas enam yang dilakukan April 2007 lalu.

Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Bandung dari Fraksi Partai Golkar, Dadang Rusdiana, di Soreang, Senin, mengatakan permintaan maaf dari Disdik tersebut sangat dipahami oleh seluruh anggota dewan tetapi pihak Disdik tetap diberi rekomendasi untuk tetap melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan pembuatan naskah soal ujian.

“Kami meminta seluruh materi yang akan digunakan pada soal ujian dikaji dan diteliti terlebih dahulu oleh Forum Kepala Cabang Dinas (KCD) karena ini akan menunjukkan kualitas dan profesionalisme para pendidik,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, Achmad Saepuddin enggan mengatakan siapa dalang dari kesalahan penulisan tulisan Arab terbalik ini. “Ini semua kesalahan saya dan bukan kesalahan prajurit,” ujarnya.

Ia juga menjanjikan untuk melakukan evaluasi dan pemantauan dalam melaksanakan proses pendidikan belajar dan mengajar di Kabupaten Bandung dengan lebih baik lagi di masa mendatang.

Penulisan tulisan arab terbalik ini bermula saat siswa Madrasah Ibtidaiyah akan mengerjakan soal ulangan umumnya yang dibuat secara seragam oleh setiap sekolah di Kabupaten Bandung.

Untuk keseragaman kualitas soal, atas kesepakatan Forum KCD akhirnya ‘draft’ soal ulangan umum ini diberikan kepada percetakan dan dibagikan kepada pihak sekolah untuk siswa kelas enam hingga akhirnya pihak sekolah tidak mengetahui terbaliknya tulisan Arab yang ditulis dari kiri ke kanan dalam beberapa soal ulangan.

Sumber: Republika Online/28 Mei 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: