Lebak Kekurangan Ribuan Guru

Lebak–RoL– Kabupaten Lebak, Banten, masih kekurangan ribuan guru lagi untuk mengajar di SD, SMP dan SMA, sementara sebagian besar guru sudah memasuki pensiun karena mayoritas dari mereka diangkat pada Tahun 70-an.

Diperkirakan dibutuhkan sekitar 3.000 guru lagi untuk mengajar baik di SD, SMP maupun SMA, kata Kabag Kepegawaian Dinas Pendidikan setempat Oman Nurohman di Lebak, Selasa.

Ia menjelaskan, kekurangan tenaga pengajar itu berdampak terhadap peningkatan mutu akademis dan menghambat pelaksanaan program wajib belajar sembilan tahun. “Banyak SD di daerah terpencil hanya dikelola oleh seorang kepala sekolah dan seorang guru, sehingga untuk menutupi kekurangan guru itu terpaksa merekrut guru tamatan SMP atau pesuruh sekolah,” katanya.

Menurut dia, kekurangan tenaga pengajar itu sudah berlangsung puluhan tahun lalu dan pihaknya berharap Tahun 2009 seluruh sekolah sudah terisi guru, khususnya daerah-daerah terpencil karena masih banyak kekurangan tenaga pengajar.

Ia mengatakan, hingga saat ini kekurangan guru SD terutama desa terpencil seperti SD II Citorek, SD II Gunung Gede dan SD I Cigemblong dan beberapa SD lainnya, umumnya hanya dikelola dua orang yakni kepala sekolah dan seorang guru dengan jumlah rombongan belajar ratusan siswa.

“Idealnya itu satu guru melayani rombongan belajar sebanyak 25 siswa,” katanya. Ia juga mengatakan, pihaknya telah mengusulkan kekurangan guru tersebut, namun hingga kini belum ada pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Oleh karena itu, pihaknya meminta kekurangan tenaga pengajar bisa direalisasikan sehingga mutu pendidikan di Kabupaten Lebak meningkat secara akademis juga dapat mendongkrak program pendidikan dasar sembilan tahun. Sementara itu, Kepala SMA I Kecamatan Cikulur Hj Ucu Lena, mengaku, ia mengelola sekolah hanya punya tenaga pengajar tujuh orang, dua diantaranya berstatus PNS, sehingga untuk menutupi kekurangan ia merekrut guru bantu juga honorer

Sumber: Republika Online/29 Mei 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: