Sistem Pendidikan Islam Perlu Direformasi

Medan–RoL– Sistem pendidikan Islam yang diterapkan selama ini dituntut untuk “di reformasi” agar lebih bisa menjawab tantangan dan kebutuhan masa depan.

Menurut Pakar Pendidikan Islam, DR.H.Fahruddin Azmi, MA, kepada ANTARA di Medan, Selasa, tuntutan itu juga dibutuhkan agar nilai dan ajaran yang terkandung dalam Islam bisa diselaraskan dengan kemajuan zaman.

Lulusan S3 Program Islamic Educational Policy IAIN Yogjakarta itu mengatakan, ada dua langkah yang perlu dilakukan untuk merealisasikan tujuan itu.  Pertama adalah dengan merubah paradigma sistem pendidikan normatif subjektif yang bertumpu pada ayat-ayat Alquran tanpa penyesuaian dengan realitas.

Sistem itu dirubah menjadi empiris objektif yang menselaraskan Alquran dengan perkembangan zaman, katanya. Langkah kedua adalah mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan tekhnologi (Iptek) serta keimanan dan ketaqwaan (Imtaq).

Integrasi kedua unsur itu dimaksudkan agar cendikiawan yang dihasilkan memiliki dasar agama dan keimanan yang kokoh, katanya

Sumber: Republika Online/29 Mei 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: