Jalan Panjang Menghapus Hukuman Mati

Jalan Panjang Menghapus Hukuman Mati / Tim Imparsial. —Cet. 1. – Jakarta : Imparsial, 2006. – x, 64 P.: Tab.; 17 Cm.

Penjatuhan vonis hukuman mati ini sangat kontras ketika Konstitusi Indonesia mengakui adanya hak hidup, sebagaimana termaktub dalam Pasal 28 I ayat 1 Amandemen II UUD 1945. Hal ini yang tak kurang penting adalah kini Indonesia telah pula menjadi peserta dalam International Covenant on Civil and Political Rights (Kovenan Internasional Hak-hak Sipil dan Politik) dengan diundangkannya UU No. 11 Tahun 2005.Sungguhpun demikian, pemerintah tetap saja meneruskan kebijakan penjatuhan hukuman mati ketimbang melakukan penghormatan terhadap HAM melalui hokum internasional yang telah diratifikasi sebagai bentuk penundukannya untuk terikat (consent to be bound).

Hal ini terlihat dari perkembangan terakhir dengan mencuatnya kembali kasus hukuman mati seperti pada kasus konflik di Poso, Sulawesi Tengah yang menimpa Fabianus Tibo, Dominggus da Silva dan Marinus Riwu serta Amrozi dan kawan-kawan dalam kasus Peledakan Bom Bali 12 Oktober 2002.

Terus berulangnya fenomena penggunaan hukuman mati dalam pemberantasan kejahatan di Indonesia tentunya tak lepas dari keengganan aparat hokum Pemerintah terutama Kejaksaan sebagai penuntut umum untuk mempertimbangkan keberadaan konstitusi sebagai dasar hukum tertinggi negara. Para hakim pun seringkali tidak menggunakan konstitusi sebagai dasar hokum guna mempertimbangkan kasus-kasus dimana terdakwa diancam oleh hukuman mati. Alhasil, yang kemudian terjadi adalah negara melalui perangkat penegak hokum secara sadar mengabaikan (unwilling) kewajiban konstitusional dan internasionalnya untuk menghormati HAM di Indonesia.

Sumber: Tempointeraktif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: