SPMB Sediakan Beasiswa untuk Keluarga Miskin

Jakarta-RoL–  Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) menyediakan 2.600 beasiswa untuk lulusan SMA, MA, SMK dari keluarga miskin untuk masuk 56 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia melalui SPMB.

“Beasiswa Mengikuti Ujian (BMU) itu berupa biaya pembelian formulir pendaftaran, transportasi, dan uang saku,” kata Ketua Perhimpunan SPMB Prof Dr Asman Budisantoso kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

Jika lulus SPMB dan diterima di salah satu perguruan tinggi negeri, ujarnya, mereka akan mendapat beasiswa lagi berupa pembayaran SPP selama dua semester dan biaya hidup 12 bulan yang berasal dari dana Perhimpunan SPMB. Menurut dia, saat ini telah dikirim formulir isian ke 4.000 sekolah SMA, MA, SMK baik negeri dan swasta di seluruh Indonesia dan tercatat jumlah pelamar yang masuk tahun ini sebanyak 5.253 siswa.

Setelah diproses secara administratif terdapat 4.217 siswa yang layak dan dari 4.217 siswa tersebut kemudian dilakukan seleksi kompetitif berdasarkan prestasi akademik dan penghasilan orangtua sehingga diputuskan 2.600 siswa dari 1.065 sekolah menerima BMU.

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) diselenggarakan pada 4-5 juli 2007. Setiap peserta disebutkan dapat mengikuti kelompok IPA saja atau IPS saja dengan biaya ujian Rp150 ribu atau campuran keduanya (IPC) Rp175 ribu. Dalam kesempatan itu Asman juga mengakui peserta SPMB memang terus mengalami penurunan sejak lima tahun terakhir dan jika dibandingkan tahun 2000 ketika jumlah peserta SPMB sedang melonjak.

Pada tahun 2000 peserta SPMB mencapai 400 ribu orang namun pada 2005 tinggal 330 ribu orang tetapi pada 2006 peserta SPMB kembali naik menjadi 340 ribu. “Dari empat yang mendaftar, hanya satu yang akan diterima. Kedokteran tetap menjadi favorit, di IPS jurusan ekonomi yang favorit, sedangkan hukum semakin banyak peminatnya,” katanya

Sumber: Republika Online/ 5 Juni 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: