Ujian SPMB Diundur pada 4-5 Juli

Jakarta-RoL — Penyelenggaraan ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) untuk 56 Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia diundur menjadi 4-5 Juli 2007 dari sebelumnya dijadwalkan pada 27-28 Juni 2007.

“Pengunduran ini untuk menghindari perbedaan jadwal ujian SPMB antara nasional dan khusus Bali, berhubung di Bali pada 27-28 Juni berbarengan dengan Hari Raya Galungan. Sehingga dengan diundur semua peserta bisa serentak mengikuti SPMB 4-5 Juli,” kata Ketua Perhimpunan SPMB Prof Dr Asman Budisantoso kepada wartawan di Jakarta, Selasa (5/6).

Pendaftaran, ujarnya, bisa mulai dilakukan pada 19 Juni hingga 29 Juni dan diumumkan pada 2 Agustus pukul 20.00 WIB pada www.spmb.or.id atau pada 3 Agustus melalui media cetak.

Materi yang diujikan pada hari pertama Rabu 4 Juli adalah Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sedangkan pada hari kedua 5 Juli diujikan untuk IPA yakni Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi dan IPA Terpadu dan untuk IPS yakni Sejarah, Ekonomi, Geografi, dan IPS Terpadu.

Perhimpunan SPMB 2007 menyelenggarakan ujian masuk bersama dengan Daya Tampung 96.066 kursi dari 1.924 Program Studi. Daya tampung ini naik dibanding 2006 sebesar 93.741 dan 1.799 Program studi.

“Kenaikan ini karena adanya tiga perguruan tinggi yang menjadi peserta baru ujian bersama SPMB, yakni Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Pekan Baru, Riau, UIN Sunan Gunung Jati di Bandung dan UIN Alaudin di Makassar. Sejak beberapa tahun terakhir memang mulai banyak program studi Islam,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lokal Regional II Eko Budihardjo mengatakan, jika dibandingkan dengan ujian mandiri, SPMB sangat efisien karena membuat siswa SMA di daerah-daerah luar Jawa hingga Papua bisa mengikuti ujian PTN-PTN di Jawa tanpa perlu pergi ke Jawa, demikian pula siswa di Jawa, juga bisa mendaftar PTN di mana pun tanpa harus ke PTN tersebut berada.

Setiap peserta disebutkan dapat mengikuti kelompok IPA saja, IPS saja dengan biaya ujian Rp150 ribu atau campuran keduanya (IPC) Rp175 ribu yang merupakan tamatan SMTA pada 2005, 2006 dan 2007.

Asman juga mengingatkan, untuk program studi IPA atau IPS, pendidikan atau nonpendidikan tidak memberi persyaratan apakah peserta ujian berasal dari jurusan IPS, IPA atau yang lainnya atau apakah berasal dari SMA, SMK, Madrasah Aliyah (MA), SMTA di luar negeri atau pendidikan kesetaraan Paket C.

Kelengkapan pendaftaran untuk tamatan 2007 adalah salinan STTB atau rapor kelas 3 semester I yang disahkan Kepala Sekolah atau kartu peserta UN, sedangkan bagi tamatan 2005 dan 2006 ijasah/STTB SMTA. Selain itu juga pasfoto tiga lembar 4×6 dan KTP.

Sumber: Republika Online/ 5 Juni 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: