Calon Siswa SBI Bersaing Sangat Ketat

CIMAHI, (PR).- Sebanyak 1.667 siswa SD dari Cimahi dan luar Cimahi, bahkan dari luar Jabar, mengikuti ujian seleksi masuk Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) di SMPN 1 Cimahi, Jln. R. Embang Arthawidjaja, Senin (11/6). Mereka bersaing ketat agar diterima di SMPN 1 yang bertaraf internasional. Mengingat, kuota yang tersedia hanya 26% dari jumlah peserta ujian atau hanya 384 orang.

Hal itu dibenarkan Kabid Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Kota Cimahi Dra. Ninu Murliani dan Kepala SMPN 1 Cimahi Dra. I Gde Ari Suweni, ketika ditemui ”PR” di sela-sela pelaksanaan ujian itu. Pada tahun pertama, pelaksanaan program SBI, SMPN 1 Cimahi menyiapkan sepuluh rombongan belajar (rombel). Sembilan kelas akan menampung siswa sebanyak 40 orang/kelas, sedangkan satu kelas lainnya hanya 24 orang sebagai kelas unggulan dari program SBI.

Karena bertaraf internasional, kata Ari, tentunya mereka tidak bisa menghalangi siswa dari luar Cimahi ataupun dari luar Jabar, seperti dari Jakarta dan Bangka, yang berminat mengikuti ujian seleksi SBI. Bahkan, ada juga siswa yang sudah pernah tinggal dan bersekolah di luar negeri, yang juga mengikuti seleksi SBI di SMPN 1 Cimahi. Hal itu tentu saja tantangan bagi SMPN 1 Cimahi.

”Yang pasti, sekolah bertaraf internasional ini, terbuka bagi siapa pun yang mampu secara akademik,” tutur Ninu.

Karena jumlah ruang kelas yang ada di SMPN 1 Cimahi terbatas, lanjut Ari, pelaksanaan ujian SBI pun diselenggarakan di dua sekolah, dengan jumlah pengawas sebanyak 37 orang. Yaitu, di SMPN 1 Cimahi sebanyak 28 kelas dan 9 kelas lainnya dilaksanakan di SMA Santa Maria, di Jln. Gatot Subroto Cimahi, yang tak jauh dari lokasi SMPN 1 Cimahi.

Menurut Ari, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, soal ujian berikut koreksinya yang berasal dari Direktorat Jenderal Pendidikan, baru diterima Senin (11/6), pukul 5.30 WIB. Pengoreksian atau penilaian hasil-hasil ujian, dilakukan pihak ketiga. Hasilnya, akan diumumkan 25 Juni 2007.

Sumber: Pikiran Rakyat/13 Juni 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: