Rencana UN untuk SD tidak Bijaksana

BANDUNG, (PR).- Rencana pemerinah memberlakukan ujian nasional (UN) sebagai syarat kelulusan di jenjang sekolah dasar (SD) tahun 2008 patut dicermati.

”Pemberlakuan UN sebagai syarat kelulusan merupakan langkah yang tidak bijak, terlebih bahwa realitasnya masih terjadi kesenjangan yang amat jauh antara daerah (kota-desa, Jawa-luar Jawa),” kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Anak Guru Indonesia (DPP PAGI) Ir. H. M.Q. Iswara dalam keterangan persnya kepada ”PR”, Selasa (12/6).

Dalam pernyataan yang ditandatangani Iswara dan Wakil Sekjen Iik Nurulpaik, DPP PAGI mengemukakan, kesenjangan itu tercermin dari ketidaktersediaan sumber daya pendidikan yang memadai. ”Kita sedih. Hampir setiap hari kita disuguhi berita ambruknya gedung sekolah, sekolah bagai kandang ayam, kekurangan guru, kelengkapan belajar seperti buku yang minim, biaya pendidikan yang mahal dan tidak terjangkau rakyat miskin,” katanya.

Menurut Iswara, fakta lapangan menunjukkan bahwa mutu ketersediaan sumber daya pendidikan di jenjang SD masih sangat memprihatinkan dan amat jauh dari standar pelayanan minimum (SPM). Mestinya, standar itu dipenuhi terlebih dahulu sesuai dengan amanat UU 20 Tahun 2003/ tentang Sisdiknas, dan PP 19 Tahun 2005 tentang standardisasi pendidikan nasional. Kondisi faktualnya, sebagian besar kondisi SD di tanah air masih berjalan seadanya.

Dikatakan, upaya pemerintah meningkatkan mutu pendidikan hanya dengan melakukan UN tanpa memperhatikan bagaimana proses pendidikan yang dilangsungkan di sekolah merupakan langkah instant. Karena seharusnya yang dilakukan oleh pemerintah adalah membenahi terlebih dahulu sumber daya yang elementer terutama ketersediaan sumber daya pendidikan baik secara kuantitas maupun secara kualitas, secara berkeadilan dan merata.

Sumber: Pikiran Rakyat/13 Juni 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: